Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ini Kebiasaan Buruk Orangtua yang Berdampak Pada Perilaku Anak

Ini Kebiasaan Buruk Orangtua yang Berdampak Pada Perilaku Anak - Sudah menjadi pengetahuan umum, bahwa orangtua adalah sumber referensi utama perilaku bagi anak. Oleh karena itu jika kita ingin memiliki perilaku anak yang baik maka berkacalah pada diri sendiri terlebih dahulu dengan membiasakan diri berperilaku baik sebelum meminta anak menjadi baik.

Ini Kebiasaan Buruk Orangtua yang Berdampak Pada Perilaku Anak

Berikut adalah kebiasaan orangtua yang menghasilkan perilaku buruk pada anak

1. Emosional
Hindari kebiasaan emosional seperti cepat marah kepada anak, karena anak cenderung percaya bahwa hal buruk yang menyebabkan Anda marah karena kesalahan mereka.


2. Hindari sikap mengancam
Perintah tanpa adanya komunikasi yang baik dengan cara memandang wajah anak saat berbicara akan berpengaruh buruk pada anak. Jika hendak memberitahu bahwa anak salah sebaiknya Anda berbicara dengan menatap anak dengan lembut dan perlihatkan ekspresi bahwa Anda tidak suka dengan apa yang dia lakukan.

3. Memberikan predikat yang buruk
Kebiasaan memberikan predikat yang buruk pada anak akan berdampak psikologis yang buruk pada anak. Anak akan menjadi tidak percaya diri, minder merasa bodoh dan anak akan merasa benci pada dirinya sendiri.

4. Lebih menekankan pada hal yang buruk daripada yang baik
Sebagai contoh jika anak berbuat salah orangtua langsung memarahi sedangkan pada saat dia berbuat kebaikan dianggap hal biasa dan tidak ada ucapan penghargaan kepada anak. Sikap yang lebih memperhatikan kesalahan anak bisa memicu anak untuk mengulangi kesalahan atau melakukan hal buruk yang lain. Mengapa demikian ? karena anak akan menganggap dengan melakukan kesalahan, orang tua lebih memerhatikan mereka.

5. Berbohong demi kebaikan
Apapun alasannya,berbohong bukanlah suatu hal yang baik,apalagi jika melakukannya di depan anak atau membohongi anak secara langsung.

6. Menyuruh untuk menjaga rahasia dari pasangan
Menyuruh anak untuk menjaga rahasia dari pasangan Anda dengan mengiming imingin sesuatu kepada anak bukanlah hal yang baik. Anak nantinya akan menganggap bahwa berbohong untuk menjaga perasaan orang lain adalah tindakan yang wajar


7. Terlalu sering memegang gadget
Sebaiknya saat sedang bersama anak, simpanlah gadget Anda dan bermainlah dengan dengan anak Anda. Kebiasaan yang selalu memegang gadget menciptakan kebiasaan anak untuk trus bermain gadget dan mengubah pola pikir anak bahwa kegiatan di luar rumah untuk bermain dengan teman sebaya tidak penting karena bermain gadget jauh lebih menyenangkan. (Baca: 6 Cara Membatasi Si Kecil Bermain Game di Gadget).
Jika salah satu kebiasaan di atas pernah Anda lakukan marilah kita menghentikan kebiasaan tersebut dan menggantinya dengan kebiasaan baik demi masa depan anak kita tercinta.

Post a Comment for "Ini Kebiasaan Buruk Orangtua yang Berdampak Pada Perilaku Anak"