Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Dendeng Batokok Blesteran Sambal Pedas yang Renyah!

Dendeng Batokok Blesteran Sambal Pedas.

Dendeng Batokok Blesteran Sambal Pedas Kawan-kawan dapat membuat Dendeng Batokok Blesteran Sambal Pedas hanya dengan menggunakan 14 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin Dendeng Batokok Blesteran Sambal Pedas yuk!

Bahan-bahan Dendeng Batokok Blesteran Sambal Pedas

  1. Dibutuhkan 1/4 kg daging sapi, merahnya saja.
  2. Dibutuhkan 5 buah Cabe Rawit.
  3. Sediakan 15 buah Cabe Merah.
  4. Siapkan 7 siung Bawang Merah.
  5. Dibutuhkan 5 siung Bawang Putih.
  6. Diperlukan 2 batang Serai.
  7. Sediakan 1 buah Tomat.
  8. Sediakan secukupnya Garam.
  9. Dibutuhkan 3 lembar Daun Salam.
  10. Diperlukan 1 sdm Ketumbar.
  11. Diperlukan 1/4 sdt Merica.
  12. Diperlukan 2 Lengkuas seukuran jempol.
  13. Siapkan secukupnya Air merebus.
  14. Diperlukan secukupnya Minyak goreng.

Cara membuat Dendeng Batokok Blesteran Sambal Pedas

  1. Haluskan 2 siung Bawang putih, ketumbar, dan merica. Panaskan air secukupnya. Masukkan bumbu halus, garam ½ sdt, 1 serai yang sudah dipipihkan, daun salam, dan lengkuas yang sudah dipipihkan, aduk rata. Kemudian masukkan daging sapi yang sudah dicuci bersih ke dalamnya, tunggu hingga mendidih dan bau daging sudah hilang berganti wangi bumbu. Matikan kompor, tiriskan daging hingga kering..
  2. Iris daging tipis-tpis sekitar ½ cm. Karena tidak memiliki Palu khusus daging saya memakai Batu Gilingan dan garpu. Pipihkan daging dengan batu gilingan lalu cabik pelan daging dengan garpu.
  3. Panaskan minyak dalam wajan, lalu goreng daging dengan tetap diaduk dengan sendok seperti menggoreng kerupuk. Tujuan agar tidak gosong dan masak merata. Angkat dan saring daging agar tidak berminyak, sisihkan..
  4. Ambil 1 serai, potong menjadi 3 bagian masing-masing berukuran sekitar 7 cm, buang 2-3 lapisan luarnya, lalu iris tipis serai tersebut. Campur bersama cabe rawit dan garam, giling halus. Iris cabe merah berukuran sekitar 1cm lalu capurkan dan giling kasar. Pipihkan bawang putih lalu iris halus, iris tebal bawang merah dan tomat, campurkan dan giling kembali secara kasar (tidak terlalu kuat).
  5. Panaskan minyak, tumis sambal. Tambahkan gula dan kecap lalu aduk dan tulis sampai sambal tidak berair..
  6. Masukkan daging lalu aduk kembali sampI seluruh permukaan daging sudah bersambal dan sambal meresap ke dalam daging. Sajikan dengan nasi hangat..

Post a Comment for "Resep: Dendeng Batokok Blesteran Sambal Pedas yang Renyah!"

Berlangganan via Email