Ibu Hamil, Bijaklah dengan Mitos

Ibu Hamil, Bijaklah dengan Mitos-- Di masa kehamilan anak pertama, saya yang merupakan ibu muda yang belum memiliki pengetahuan secara lengkap dan berpengalaman terkait kehamilan akan mendapatkan masukan- masukan dalam hal kesehatan janin dan ibu selama masa kehamilan. Nasehat dan infromasi itu akan secara langsung bahkan tanpa diundang akan menghampiri telinga saya baik itu dari orangtua saya sendiri, keluarga suami dan para tetangga. Semua itu merupakan bentuk kepedulian mereka terhadap saya (dipandang dari sisi postitif), akan tetapi banyaknya hal yang tidak masuk akal akan mengganggu pola pikir dan aktivitas jika terlalu diikuti. Itulah yang dinamakan mitos bagi ibu hamil.

Ibu hamil jangan stres menanggapi mitos tersebut dengan kata lain jangan antipati dulu terhadap mitos atau tabu seputar kehamilan, mari kita temukan di baliknya !!

MITOS
KONON KATANYA.....
PADAHAL.....
Jangan makan sambal
Bayi botak
Cabai bukan penyebab kebotakan. Namun penting mengurangi pedas agar tidak diare.
Jangan makan nanas dan jeruk
Menyebabkan keputihan, keguguran, meningkatkan lendir di paru- paru dan bayi kuning
Nanas dan jeruk kaya vitamin C, serat, membantu penyerapan zat besi, dan menurunkan resiko infeksi dan prematuritas. Tapi bila berlebih (lebih dari 100mg/ hari) mencetus maag dan batu ginja jika anda sensitif
Jangan potyong rambut
Memotong jalan lahir bayi
Terpotongnya rambut ibu tidak menstimyulasi bayi berada di posisi salah saat dilahirkan. Pesan mitos ini adalah agar ibu meningkatkan kewaspadaan agar bisa bersalin normal.
Mengangkat tangan
Bayi tercekik
Tidak ada hubungan sama sekali antara ibu mengangkat tangan dengan bayi tercekik
Jangan menyiksa atau membunuh binatang
Bayi akan menyerupai hewan yang disiksa/ dibunuh
Pesan moralnya, perilaku anak dipengaruhi lingkungan terdekatnya. Anda dan suami diimbau untyuk mengendalikan emosi agar tidak menjadi contoh buruk bagi anak.
Duduk atau berdiri di ambang pintu
Mengakibatkan kelahiran caesar
Duduk/ berdiri di ambang pintu menghalangi orang lewat, mencetyus masuk angin dan kedinginan sebab ambang pintu adalah tempat lalu lalang angin.
Jauhi makanan/ minuman warna gelap
Bayi berkulit gelap
Warna kulit bayi ditentukan faktor genetik orangtuanya
USG berbahaya bagi ibu dan janin
Keguguran, janin cacat
Pemeriksaan USG tidak membahayakan ibu dan janin, sebab energi mekanik dari gelombang suara 20.000 Hz menyebar dan kadarnya hanya 0-1%. Gelombang suara USG baru berakibat negatif bila dipakai 400 kali.
Jangan menjahit malam- malam
Bayi berbibir sumbing
Bibir sumbing disebabkan gizi ibu yang buruk. Pesan sebenarnya, cahaya di malam hari yang kurang terang, memperbesar resiko anda tertusuk jarum.




Setelah kita pahami beberapa kebanyakan katanya....kita dapat mencari manfaat larangan aka hal tersebut. Bagi kita yang sedang hamil bijaklah dalam menyikapi mitos- mitos yang datang kepada kita, jangan terlalu vulgar mengatakan mitos tersebut salah akan tetapi mari ditelusuri dulu apa yang terbesit dari mitos tersebut. Jadi hungungan kita dengan keluarga dan tetangga jadi nyaman dan nyambung jika kita dapat berpikir bijak dalam merespon berbagai mitos. Sebab tidak jarang kita melihat ibu hamil, ketika mendengar mitos kehamilan dari orang lain langsung marah dan tidak mempercayainya sehingga komunikasi dengan orang tersebut jadi tersendat akibat respon yang tidak dari si ibu hamil.
Ini merupakan pelajaran bagi kita yang sedang hamil, penting menyikapi mitos kehamilan dengan bijak. 

Daftar Bacaan: 
Fina Pricillia dkk.2009. 9 Bulan yang Menakjubkan. Grafika Multi Warna. 

Post a comment for "Ibu Hamil, Bijaklah dengan Mitos"

Berlangganan via Email