Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Opor ayam kuning yang Renyah!

Opor ayam kuning. Opor Ayam Kuning Lebaran enggak lengkap rasanya tanpa Opor Ayam Kuning ini. Opor ayam kampung spesial bumbunya pas rasanya sedap. Nah, opor ayam sendiri ternyata memiliki banyak variasi.

Opor ayam kuning Opor Ayam bumbu kuning. daging ayam, potong sesuai selera•air•santan instan•bawang merah Opor Ayam Bumbu Kuning. Resep ayam opor enak dengan bumbu sederhana. Bumbu bumbu masakan ayam opor bumbu kuning yakni bawang merah, bawang putih, kunyit jahe, lengkuas, dan bahan bumbu lainnya. Teman-teman dapat memasak Opor ayam kuning hanya dengan menggunakan 21 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep Opor ayam kuning!

Bahan Opor ayam kuning

  1. Dibutuhkan 1 ekor ayam berat 800 gram.
  2. Dibutuhkan 700 ml air.
  3. Siapkan 150 ml santan instan.
  4. Dibutuhkan Bumbu halus:.
  5. Sediakan 2 sdm ketumbar sangrai.
  6. Gunakan 1/2 sdt jinten sangrai.
  7. Gunakan 1 sdt lada butiran.
  8. Dibutuhkan 2 butir kemiri sangrai.
  9. Sediakan 2 ruas kunyit.
  10. Gunakan 2 ruas jahe.
  11. Sediakan 1 ruas lengkoas.
  12. Sediakan 8 butir bawang merah.
  13. Siapkan 4 siung bawang putih.
  14. Siapkan 1 sdt garam.
  15. Diperlukan 1/2 sdt chicken powder (opstional).
  16. Diperlukan Bumbu rempah daun:.
  17. Gunakan 2 batang sereh geprek.
  18. Gunakan 2 lembar daun salam.
  19. Siapkan 5 lembar daun jeruk.
  20. Siapkan Minyak goreng untuk menumis.
  21. Diperlukan Bawang goreng untuk taburan.

Opor ayam adalah masakan yang diolah dengan bahan dasar daging ayam. Komponen esensial dari resep opor ayam kuning ini adalah kunyit, daun jeruk dan santan. Ketiganya menciptakan cita rasa earthy, gurih, dan aroma yang menggugah selera serta warna yang. Resep opor ayam kuning ini disarankan untuk menggunakan ayam kampung, meskipun ayam potong juga tidak masalah, namun jika dengan ayam kampung tentu rasanya akan lebih maknyus karena.

Langkah-langkah membuat Opor ayam kuning

  1. Potong ayam menjadi 8 bagian, cuci bersih, tiriskan. Masak air hingga didih masukan ayam masak hingga ayam matang matikan api sisihkan.
  2. Panaskan minyak,masukan garam tumis hingga harum masukan bumbu halus tumis hingga harum dan matang masukan kedalam rebusan, ayam nyalakan api, masak lagi ayam hingga didih.
  3. Masukan santan masak sambil diaduk hingga santan didih, matikan api, angkat, taburi bawang goreng, siap disajikan.

Cara Membuat Opor Ayam - Versi Wikipedia opor ayam merupakan masakan yang terkenal di Indonesia. Opor ayam diklaim berasal dari daerah berbudaya Jawa, khususnya Jawa Tengah dan. Opor ayam adalah kuliner masakan berbahan dasar ayam yang sangat khas dari Inonesia Ayam yang digunakan untuk membuat opor ayam ini biasanya dibalur dengan bumbu kuning sehingga. Karena opor ayam ini merupakan olahan dengan santan, sebaiknya memasaknya secukupnya saja ya. Sebab biasa seharian saja bisa menjadi basi, ditandai dengan rasanya yang asam.

Post a Comment for "Cara Membuat Opor ayam kuning yang Renyah!"