Wisata Kuliner di Belitung, Indonesia

Wisata Kuliner di Belitung, Indonesia- Jika anda berkunjung ke Belitung, itu merupakan kesempatan sangat luar biasa yang diberikan Tuhan, karena Belitung merupakan salah satu pulau yang memiliki keindahan pesona alam bahari yang sungguh luar biasa. Pesona Belitung sangat sulit untuk dilupakan. Kekayaan pesona bahari yang disuguhkan oleh pulau ini merupakan daya tarik utama bagi wisatawan yang berlibur ke sana.

Tidak kalah dengan pesona pantai, dan pemandangan bawah laut saja. Belitung juga menyajikan kuliner yang sedap dan lezat. Tentu saja temannya pantai adalah seafood. Kuliner yang paling terkenal di Belitung ini adalah berbagai olahan hasil laut yang sangat lezat, dengan bumbu khas Belitung.

1. Ilak

Wisata Kuliner di Belitung, Indonesia

Ikan ilak ini biasa disajikan dalam hidangan bakaran. Bumbbu untuk bakaran ikan ini terbagi dua yang pertama di bakar dengan kecap yang membuat seluruh tubuh ikan ilak berwarna coklat dan sangat menggugah selera, kemudian yang kedua dibakar dengan bumbu kunyit, setelah dibakar wana ikan ilak dengan bumbu kunyit berwarna kuning keemasan dan menghasilkan bau lezat yang membuat kita tidak dapat menunda waktu lapar lagi.

2. Bak Mie Atep
Wisata Kuliner di Belitung, Indonesia

Mie atep merupakan salah satu bakmie khas belitung yang super enak. Salah satu tempat makan yang menyajikan bakmie ini adalah di Jln. Sriwijaya yang tidak jauh dari bundaran tengah kota. Kuah dari bakmie ini terbuat dari kaldu udang yang sangat kental. Sungguh lezat sekali dinakmati bersama pasangan, teman dan keluarga.

3. Gangan
Wisata Kuliner di Belitung, Indonesia

Gangan merupakan sup ikan gangan yang dibubuhkan kuah kuning yang terdiri dari santan kelapa, kunyit dan rempah- rempah lainnya yang sangat menggoyang lidah jika dicicipi. Gangan ini juga dicampur dengan nenas, jadi gurih, asam, manis dan pedas tercampur dalam satu rasa yaitu sup ikan gangan Belitung.

Baca jugaExplore Negeri Laskar Pelangi, Belitung, Indonesia

4. Kerupuk Cumi
Wisata Kuliner di Belitung, Indonesia

Kerupuk cumi ini diolah oleh masyarakat setempat dari hasil laut mereka yaitu cumi. Cumi dibersihkan dan dihaluskan kemudian dimasukkan ke dalam adonan kerupuk yang telah dicampur dengan bumbu lainnya. Kerupuk ini sangat mempunyai rasa yang khas, daging sumi yang terkandung di dalam kerupuk membuat rasanya semakin nikmat dan menjadi khas karena berasal dari laut Belitung.

5. Kritcu 
Wisata Kuliner di Belitung, Indonesia

Kricu merupakan kerupuk yang diolah dari telur cumi. Telur cumi yang dicampur dengan adonan kerupuk membuat kerupuk ini sangat nikmat, dan mempunyai rasa yang khas karena bahan dasarnya adalah telur cumi. Sangat unikkan? Telur cumi gitu loh, pokoknya harus coba ya ! Kerupuk ini juga merupakan salah satu oleh- oleh dari Belitung.

6. Kupi Kuli
Wisata Kuliner di Belitung, Indonesia

Kupi kuli adalah kopi ala Belitung yang menyuguhkan gaya ngopi tempo dulu. Kopi dimasak dengan menggunakan bara api yang tersuguh di dapur tradisional yang benar- benar kembali beberapa tahun lampau. Ngopi di Belitung merupakan kebiasaan untuk menjalin silaturrahmi. Bukan karena rasa dan aroma kopi khas Belitung ini saja yang dinikmati, tetapi lokasinya pun membuat kita merasakan peradaban masa lalu. Anda dapat menikmati ngopi dengan suasana sperti ini di museum kata Andrea Hirata yang berlokasi di Manggar Belitung Timur.

Post a comment for "Wisata Kuliner di Belitung, Indonesia"

Berlangganan via Email