Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok Anti Ribet!

Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok. Ayam Taliwang - Super Spicy Street Food in Lombok, Indonesia! Memang sih proses pembuatan ayam bakar taliwang khas Lombok ini butuh tenaga extra dan butuh waktu yang sedikit lama dibanding saat memesan di restauran. Tapi percayalah, rasa puas muncul saat mulai merasakan gigitan pertama ayam taliwang yang Bunda buat.

Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok Setelah itu, bakar ayam hingga setengah matang. Ayam Taliwang Khas Pak Udin selalu dicari oleh wisatawan yang berkunjung ke daerah Mataram. Walaupun rumah makan ini mungkin terlihat sederhana Khusus untuk Ayam Taliwang, di tempat ini tersedia beberapa varian, seperti ayam bakar sedang, ayam bakar pedas, ayam bakar madu pedas. Cara membuatnya pun tidak sulit, kawan-kawan dapat menyiapkan Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok hanya dengan menggunakan 12 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok yuk!

Bahan Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok

  1. Gunakan 1/2 kg Ayam (paha atas bawah, potong sesuai selera).
  2. Dibutuhkan 1/2 sdt Terasi.
  3. Sediakan Secukupnya Garam dan Gula merah.
  4. Dibutuhkan 200 ml Air.
  5. Diperlukan Bumbu Halus Bakaran :.
  6. Dibutuhkan 3 biji Cabe merah besar.
  7. Sediakan 3 biji Cabe rawit.
  8. Siapkan 3 siung Bawang merah.
  9. Dibutuhkan 4 siung Bawang putih.
  10. Sediakan 2 butir Kemiri.
  11. Diperlukan 1 ruas jari Kencur.
  12. Sediakan 1 buah Tomat ukuran sedang.

Racikan masakan ayam khas daerah Sasak - Lombok ini bermula dari desa Karang Taliwang. Ayam rarang sendiri merupakan makanan khas Lombok yang berasal dari Rarang, sebuah desa yang berada di kabupaten Lombok Timur Ayam taliwang mempunyai banyak jenis, ada ayam taliwang pedas manis, sambal lima, pelecingan, bakar kecap, bakar madu, goreng asam, dan goreng biasa. Ayam Taliwang adalah makanan khas Pulau Lombok dari Kampung Karang Taliwang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat yang berbahan dasar daging ayam. Daging ayam yang disajikan berasal dari ayam kampung muda yang dibakar kemudian dibumbui dengan semacam saus yang.

Langkah-langkah membuat Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok

  1. Siapkan semua bahan yang diperlukan. Potong dan bersihkan ayam.
  2. Siapkan bumbu bakaran dan haluskan. Kemudian tumis bumbu sampai harum. Tambahkan terasi, garam dan gula merah. Aduk rata dan tambahkan air..
  3. Masukkan ayam dan ungkep sampai empuk. Angkat dan tiriskan..
  4. Panaskan alat pembakarnya (saya pakai teflon) bakar ayam sampai kecoklatan. Bolak balik agar matang merata..
  5. Siap dihidangkan. Selamat mencoba ☺☺☺.

Kuliner khas Lombok yang ga mungkin banget dilewatin sama pecinta pedas ya pasti Ayam Bakar Taliwang donk. Perpaduan bumbu dan rempahnya bikin aromanya pas dibakar aja wangi, apalagi pas dicocol sambalnya. Ayam taliwang merupakan primadona kuliner yang menjadi ikon makanan khas masyarakat Lombok. Ayam taliwang memiliki sensasi rasa yang pedas dengan kuatnya kencur. Ayam yang digunakan ialah ayam kampung muda agar terasa lebih gurih dan empuk.

Post a comment for "Resep: Ayam Bakar Taliwang Khas Lombok Anti Ribet!"

Berlangganan via Email