Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Membuat Rendang jengkol anti bau yang Renyah!

Rendang jengkol anti bau. Ini bukan rendang Padang ya, Cuma rending rumahan ala Mama yang dimasak dengan penuh cinta. Jadi masaknya masih ditumis, masih pake kunyit dan bubuk. Nah untuk menghilangkan bau jengkol biar tidak bau menyengat maka bisa di rendam dengan daun jeruk yang dicabik-cabik atau bisa juga dengan cara direndam dengan air kapur sirih semalaman.

Rendang jengkol anti bau Padahal, kamu bisa bikin jengkol tidak bau dengan teknik tertentu, seperti rendaman air biasa atau air kapur sirih. Cukup rebus jengkolnya, lalu tumis bersama bumbu halus dan santan. Meskipun memiliki bau yang sangat menyengat dan khas, jengkol sangat populer dimasak bersama sambal, rendang atau kari, dan terutama sebagai semur kecap manis di Indonesia. Cara membuatnya pun tidak susah, kamu dapat memasak Rendang jengkol anti bau hanya dengan menggunakan 20 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep Rendang jengkol anti bau!

Bahan-bahan Rendang jengkol anti bau

  1. Siapkan 1 kg jengkol.
  2. Diperlukan Daun melinjo, daun jeruk, sere, daun salam.
  3. Gunakan 3 sdm Bubuk kopi.
  4. Diperlukan Santan 1 kelapa / kara 600 ml.
  5. Diperlukan Air.
  6. Gunakan Bumbu halus.
  7. Gunakan 10 buah cabai merah (boleh mix cabai kering supaya warna bagus).
  8. Siapkan 10 buah cabai rawit(atau sesuai selera pedas).
  9. Siapkan 10 siung bawang merah.
  10. Sediakan 6 siung bawang putih.
  11. Gunakan 1/2 sdt pala bubuk.
  12. Gunakan 2 cm jahe.
  13. Gunakan 6 cm lengkuas.
  14. Dibutuhkan 1 sdm bubuk kunyit.
  15. Gunakan secukupnya Garam, gula, kaldu.
  16. Sediakan Pelengkap.
  17. Gunakan 2 lembar daun kunyit.
  18. Gunakan 5 lembar daun jeruk.
  19. Gunakan 2 batang sere.
  20. Gunakan 3 lembar daun salam.

Berikut artikel mengenai manfaat jengkol untuk kesehatan. Semur Jengkol Resep Jengkol Pulen Anti Bau. Semur Jengkol Resep Dan Cara Mengurangi Baunya. Tips Merebus Jengkol Empuk Dan Tidak Bau.

Cara membuat Rendang jengkol anti bau

  1. Cuci bersih jengkol dan rendam dengan air cucian beras selama 3 hari (air di ganti ya moms, sehari dua kali ganti nya) kalau gak ada air cucian beras air biasa juga boleh. Tambahkan beras aja. Air wajib di gonta ganti ya. Tujuannya supaya gas nya keluar, dan bau berkurang ( jika selama rendam kulit Ari yg cokelat nya terkelupas buang kulit nya ya..
  2. Setelah 3 hari cuci bersih jengkol, tiriskan. Lalu rebus. Campur rebusan dengan daun melinjo, daun jeruk, sere, daun salam (semakin banyak semakin bagus moms 😇) rebus kira2 1 jam, buang air rebusan, rebus kembali dengan bubuk kopi. Rebus hingga mendidih check sudah empuk. Jika sudah cuci bersih tiriskan. Lalu keprek jengkol agar lebih meresap.
  3. Siapkan bumbu halus, lalu masak dengan santan (sesuai dngn selera mau kental atau gak) campur semua bahan pelengkap. Lalu aduk hingga santan mendidih, lalu masukkan jengkol.
  4. Aduk hingga mendidih, dan mengental. Check rasa kalau sudah pas kecil kan api, tunggu lebih legit lagi..
  5. Setelah kering legit siap di hidangkan. Makan sepuas nya jengkol tanpa bau sama sekali 😍.

RENDANG JENGKOL: Pulen dan Tidak Bau Hidangan ini memiliki rasa yang gurih dan pedas dari bumbu rendang. Jadi, rasanya tidak kalah dengan rendang daging, apalagi teksturnya juga legit. Meski bau khas jengkol biasanya kurang disukai, tapi soal rasa banyak juga yang menyukai jengkol. Rendang yang biasanya dijual di rumah makan Padang ini memang sangat menggugah selera.

Post a Comment for "Cara Membuat Rendang jengkol anti bau yang Renyah!"