Mengenal Pendidikan Komparatif

Mengenal Pendidikan Komparatif--- Sebagai disiplin ilmu, pendidikan komparatif telah semakin berkembang dan diminati oleh banyak orang seiring dengan keinginan mayoritas bangsa- bangsa di dunia yang berusaha mempelajari aneka sistem pendidikan di tempat lain dalam rangka memperluas cakrawala di luar batas negerinya sendiri. 


Pendidikan komparatif memiliki kekhasan tersendiri bila dibandingkan dengan ilmu- ilmu lain. Pada satu sisi, kehadiran ilmu ini diawali oleh adanya keprihatinan sebagian masyarakat dunia tentang berlarut- larutnya pola hubungan antar bangsa yang diwarnai rasa kecurigaan dan permusuhan satu sama lain serta rendahnya pengetahuan masing- masing bangsa terhadap kehidupan bangsa lain. Akibatnya banyak terjadi konflik di banyak kawasan dunia yang berasal dari kesalahpahaman satu dengan lainnya serta kuatnya sentimen subyektif pada diri masing- masing. 

Secara epitimologis pendidikan komparatif berasal dari kata pendidikan dan komparatif. Menurut kamus bahasa Inggris Oxford Learner's Pocket Dictionary kata pendidikan diartikan sebagai pembelajaran dan pelatihan. Sedangkan kata komparatif diartikan sebagai keadaan yang berkaitan dengan usaha membandingkan. Kata komparatif berasal dari kata kerja bahasa Inggris "to compare" (membandingkan) atau kata benda "comparison" (perbandingan), sehingga "comparative" diartikan sebagai suatu yang bersifat membandingkan. Oleh karena itu pendidikan komparatif secara etimologis dimaksudkan sebagai ilmu yang mempelajari tata cara atau prosedur membandingkan dua atau lebih sistem pendidikan yang berbeda. 

Secara historis, pendidikan komparatif sebagai suatu studi telah memiiki sejarah yang amat panjang. Menurut Willian W. Brickman dalam Poslethwaite (1998) disebutkan bahwa umat manusia telah saling bertukar informasi tentang pendidikan sudah berlangsung sejak jaman kuno, yaitu sejak manusia antar bangsa di dunia ini saling berinteraksi dan melakukan kontak sosial dalam suatu wadah yang disebut perdagangan, peperangan, dan misi keagamaan.

Pendidikan komparatif menurut I.L, Kandel (Imam Barnadid, 1994), yaitu:
  1. Obyek utama studinya berupa teori dan praktek penyelenggaraan pendidikan yang sedang berlangsung sekarang, bukan yang telah terjadi atau yang akan terjadi.
  2. Faktor- faktor lain di luar obyek utama tetapi mempunyai pengaruh amat kuat terhadap obyek utama perlu diperhatikan, yaitu faktor sosial, ekonomi, politik, ideologi, dan budaya sebagai intangible factors.

Chalidjah Hasan (1995) dalam bukunya "Kajian Perbandingan Pendidikan" menyebutkan bahwa pendidikan komparatif adalah usaha menelaah secara lebih mendalam dan luas tentang konsep- konsp pendidikan yang berkembang di dunia. 

Secara lengkap dapat dijelaskan bahwa, pendidikan komparatif adalah ilmu yang mempelajari sistem- sistem pendidikan baik dalam satu negara mayupun antar negara, yang menyangkut tiga hal:
  1. sistyem pendidikan formal, non- formal, dan informal
  2. teori dan praktek pendidikan
  3. latar belakang sosial. ekonomi, politik, ideologi, dan budaya yang mempengaruhi sistem pendidikan.


Daftar Bacaan:
Rohman, Arif. 2013. Pendidikan Komparaif. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Post a comment for "Mengenal Pendidikan Komparatif"

Berlangganan via Email