Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Rendang Daging Untuk Pemula!

Rendang Daging.

Rendang Daging Cara membuatnya pun tidak sulit, sobat dapat menghidangkan Rendang Daging hanya dengan menggunakan 27 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep Rendang Daging!

Bahan Rendang Daging

  1. Diperlukan 1 kg daging sapi dipotong2.
  2. Dibutuhkan 2 butir kelapa tua (ambil santannya 1,5 liter).
  3. Gunakan 3 sdm kelapa parut (disangrai hingga kecoklatan).
  4. Gunakan 2 lembar daun kunyit diiris2 halus.
  5. Diperlukan 3 lembar daun jeruk dirobek kasar.
  6. Siapkan 2 lembar daun salam dirobek kasar.
  7. Sediakan 2 batang sereh digeprek.
  8. Gunakan 3 cm lengkuas digeprek.
  9. Dibutuhkan 1 batang kayu manis ukuran kecil.
  10. Dibutuhkan 2 buah asam kandis.
  11. Dibutuhkan 3 sdm minyak untuk menumis.
  12. Sediakan Bumbu halus :.
  13. Gunakan 9 siung bawang merah.
  14. Dibutuhkan 5 siung bawang putih.
  15. Dibutuhkan 200 gr cabe merah keriting.
  16. Dibutuhkan 1 sdm ketumbar (sangrai).
  17. Sediakan 1 sdt jintan.
  18. Sediakan 2 cm kunyit.
  19. Gunakan 2 cm jahe.
  20. Sediakan 1 batang sereh diambil bagian putihnya dan dipotong2 kecil.
  21. Diperlukan 1/2 butir pala.
  22. Sediakan 3 buah cengkeh.
  23. Dibutuhkan 2 buah kembang lawang.
  24. Dibutuhkan 2 buah kapulaga.
  25. Gunakan 1 sdt merica.
  26. Siapkan 1 sdm garam.
  27. Sediakan 2 sdm gula merah disisir.

Cara membuat Rendang Daging

  1. Siapkan kelapa parut, ambil sebagian kelapa dari parutan kelapa sebelum diperas menjadi santan. Sangrai kelapa di wajan (tanpa minyak) dengan api sedang hingga berubah kering, dan coklat gelap. Gunakan api sedang saja dan aduk-aduk terus selama kelapa disangrai agar tidak gosong dan membuat masakan menjadi pahit. Angkat dan biarkan dingin. Blender atau haluskan kelapa sangrai dengan cobek hingga lumat dan halus. Jika blender susah gerak tambahkan air sedikit selama proses. Sisihkan.
  2. Siapkan potongan daging sapi yang sudah dicuci dan ditiriskan hingga airnya tidak menetes lagi. Siapkan panci atau wajan anti lengket, panaskan. Goreng daging (tanpa minyak), dengan api sedang hingga permukaannya kecoklatan. Balik-balikkan daging selama digoreng. Jika permukaannya sudah coklat, angkat dan sisihkan..
  3. Haluskan semua bumbu. Untuk bumbu kering (pala, ketumbar, merica, jinten, kembang lawang, kapulaga dan cengkeh) kecuali kayu manis, saya masukkan ke gelas blender dry mill dan proses halus. Butiran pala perlu dimemarkan hingga hancur dengan ulekan sebelum dimasukkan ke gelas blender. Bumbu basah (bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, kunyit, serai) saya proses dengan chopper..
  4. Siapkan panci atau wajan (anti lengket lebih baik), panaskan minyak goreng hingga benar-benar panas. Tumis semua bumbu halus (baik basah maupun kering), kayu manis, serai yang dimemarkan, lengkuas, jahe, daun kunyit, daun salam, asam kandis, dan daun jeruk. Gunakan api sedang dan aduk-aduk selama bumbu ditumis hingga bumbu tampak berubah tua warnanya dan menyusut. Tambahkan minyak jika bumbu mudah gosong dan susah matang..
  5. Masukkan santan kental, ambil bagian yang kental yang mengambang di permukaan dengan sendok sayur dan masukkan sebanyak-banyaknya yang bisa kita peroleh  ke dalam panci. Tambahkan kelapa parut tumbuk. Aduk rata.  Masak dengan api kecil hingga santan menjadi berminyak, berubah lebih gelap, sangat kental, dan berkurang volumenya. Lalu, masukkan potongan daging goreng, aduk rata..
  6. Tutup panci dan masak dengan api kecil hingga kuah habis, rendang berubah menjadi coklat gelap dan daging empuk dan matang. Aduk sesekali saat rendang dimasak agar tidak gosong dibagian dasarnya. Cicipi rasanya, sesuaikan rasa asinnya. Jika daging belum empuk sementara kuah sudah habis, tambahkan sedikit air panas dan masak hingga daging empuk. Setelah daging empuk, matikan api, dan rendang siap disajikan. Bener2 maknyuss 😊. Selamat mencoba, semoga bermanfaat 🙂🙏.

Post a Comment for "Resep: Rendang Daging Untuk Pemula!"