Explore Negeri Laskar Pelangi, Belitung, Indonesia

Explore Negeri Laskar Pelangi, Belitong, Indonesia- Belitong yang biasa kita sebut dengan Belitung merupakan salah satu pulau di Indonesia yang menyuguhkan pesona wisata alam baharinya. Sekarang Belitung tergabung dengan Bangka, dua pulau ini menjadi satu yang disebut dengan provinsi Bangka Belitung. Belitung merupakan salah satu pulau terkaya di Indonesia dengan penghasilan timahnya. Pulau Belitung ini dihuni lebih kurang 300.000 jiwa saja, akan tetapi pulau ini sangat luas. Pulau Belitung ini di kenal oleh semua orang melalui film laskar pelangi based on novel by Andrea Hirata yang sangat booming pada saat itu, film ini menyuguhkan cerita mengenai pendidikan dengan latar belakang keindahan alam Belitung itu sendiri.

Jika anda ingin mencari destinasi wisata untuk berlibur, Pulau Belitung merupakan tempat yang recommended untuk dikunjungi baik untuk honeymoon, maupun bersama keluarga. Keindahan pantai- pantai yang ada di Belitung sangat membuat kagum dan terpesona, serta wisata kulinernya pun sangat populer untuk dinikmati.

Tempat- Tempat yang Recommended di Pulau Belitung Sebagai Destinasi Liburan:

1. Pantai Tanjung Tinggi
Explore Negeri Laskar Pelangi, Belitung, Indonesia
Keindahan Pantai Tanjung Tinggi di Sore Hari

Pantai Tanjung Tinggi merupakan kunjungan utama saya pada saat sampai di Belitung. Pantai Tanjung Tinggi sangatlah indah dengan hamparan pasir putih, air laut yang bening dan tidak terlalu berombak, serta yang sangat khas adalah adanya hamparan batu granit di sepanjang pantai yang menjadi kekhasan dari Belitung ini. Perpaduan hamparan tersebut sangatlah indah dan mempesona. Pantai inilah yang merupakan lokasi syuting film laskar pelangi. Sehingga karena film tersebut membuat Belitung dikenal diseluruh belahan dunia, maka dibuatlah tugu yang menerangkan hal yang demikian.

Explore Negeri Laskar Pelangi, Belitung, Indonesia
Tugu laskar pelangi di pantai tanjung tinggi
Untuk mencapai lokasi ini sangatlah mudah, sebagai patokan waktu itu saya menginap di Hotel Premium di Jln. Sriwijaya di Tanjung Pandang sekitar 20 menit dari bandara H.A.S Hanandjoeddin, kemudian menyewa sepeda motor karena belum lengkapnya transportasi di sana. Dari Jln. Sriwijaya ke Pantai Tanjung Tinggi sekitar 30 menit mengendarai sepeda motor. Harga sewa sepeda motor sehari sekitar 75 ribu rupiah. Sungguh menyenangkan mengendarai sepeda motor di Belitung ini, kita tidak pernah menemui macet, perkampungan akan kita temui dalam perjalanan ke Tanjung Tinggi, tidak perlu pake masker deh, udaranya seger banget. 

Kita dapat menikmati dengan penuh keindahan pantai tanpa harus diganggu dengan pengunjung yang lain, pantai ini masih sangat bersih dan mempesona. Belum banyak yang berkunjung kesana, mungkin karena pada hari kerja kali ya. Tapi keheningan itu kami dapatkan di pantai Tanjung Tinggi ini. Keren banget deh !

2. Pantai Tanjung Kelayang
Explore Negeri Laskar Pelangi, Belitung, Indonesia
Pantai Tanjung Kelayang di Pagi Hari
Setelah menikmati pantai Tanjung Tinggi di sore hari, hari berikutnya saya mengunjungi pantai Tanjung Kelayang yang juga terkenal dengan pasir putih dan wisata kulinernya. 

Untuk mencapai lokasi ini, berpatokan dari Jln. Sriwijaya Tanjung Pandan kurang lebih 20-30 menit saja mengendarai motor. Jaraknya tidak jauh berbeda dengan pantai Tanjung Tinggi. Jalanan aman, tidak macet dan mulus.

Pantai Tanjung Kelayang inilah yang merupakan start untuk menuju pulau lengkuas, pulau burung dan pulau Gede Kepayang dengan menggunakan kapal- kapal sederhana.

3. Pulau Burung
Explore Negeri Laskar Pelangi, Belitung, Indonesia
Pulau Burung
Beranjak dari hotel pada hari itu sekitar jam 7.30 pagi, kemudian sampailah di pantai Tanjung Kelayang sekitar jam 08.00. Kemudian negosiasi harga kapal dengan pemilikinya, waktu itu kami dapat menego kapal 400 rbu rupiah yang biasanya 500rbu- 550ribu perkapal. Kapal bisa digunakan dari pagi sampai sore unuk destinasi pulau burung, pulau babi, pulau pasir, pulau lengkoas, kemudian snorkeling di sekitar pulau lengkuas, lanjut ke pulau gede kepayang. Untuk peralatan snorkeling saya menambah biaya lagi sekitar 80rbu an untuk dua set peralatan snorkeling. Sebelum meninggalkan pantai jangan lupa pakai sunblock, kaca mata hitam, topi jika perlu, air minum dan roti untuk makan ikan pada saat snorkeling.
Pulau pertama yang dikunjungi adalah pulau burung (foto di atas), di pulau burung ini kami tidak bisa menepikan kapal karna batu karang yang cukup bermunculan ke permukaan laut, jadi menikmati pulau burung dari atas kapal itu sangatlahh cukup. Pulau yang sangat indah, dari atas kapal kita dapat menikmati begitu beningnya air laut sehingga dasarnya pun keliatan. Sangat sejuk dan sangat membuat kagum bagi yang melihat. 

4. Pulau Babi
Explore Negeri Laskar Pelangi, Belitung, Indonesia
Pulau Babi
Setelah menikmati pulau burung, kami melanjutkan perjalanan menuju pulau babi. Kami dapat menuju darat dan mampir untuk menikmati pulau ini secara dekat. Pasir yang lembut yang hampir selembut tepung terhampar di tengah- tengah birunya air laut yang mengelilinginya. Batu granit menjulang di sana- sini menambah sempurna keindahan pulau babi ini. Dan pada saat itu kami menemukan beberapa bintang laut. itu baru pertama kali bagiku untuk memegang bintang laut, wow ! indah banget plus geli.

Explore Negeri Laskar Pelangi, Belitung, Indonesia

Pulau babi ini sangat keren, pokoknya harus dikunjungi.

5. Pulau Pasir
Explore Negeri Laskar Pelangi, Belitung, Indonesia
pulau pasir
Pulau pasir merupakan pulau terkecil diantara pulau- pulau yang lain. Pulau ini hanya menyuguhkan gundukan pasir putih nan lembut dan yang sangat mempesona dari pulau pasir ini adalah pulau ini pulau yang sangat kecil yang terdiri dari hamparan pasir saja tidak ada yang lain. Sebaiknya pulau pasir ini dikunjungi pagi atau siang hari, karena pada saat sore pulau ini akan tenggelam karena adanya pasang air laut. 


6. Pulau Lengkuas
Explore Negeri Laskar Pelangi, Belitung, Indonesia
pulau lengkuas
Pulau lengkuas sangatlah terkenal di Belitung karena adanya mercusuar yang masih berdiri kokoh di atas pulau tersebut yang merupakan daya tarik utama. Mercusuar ini bernama L.I Enthoven, dibangun oleh kolonial Belanda pada tahun 1882. Mercusuar ini masih berfungsi hingga saat ini sebagai penuntun lalu lintas kapal yang melewati atau keluar masuk pulau Belitung.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan Pulau Lengkuas ini dari atas mercusuar dengan donasi sebesar 5 rbu rupiah saja, dan persyaratan naik adalah tidak boleh memakai pakaian basah, kaki harus dibersihkan terlebih dahulu agar pasir tidak bererakan di dalam mercusuar. Sungguh takjub keindahan sekeliling pulau lengkuas, sangat keren dengan hamparan laut yang tenang dan jernih.

Setelah beberapa menit menikmati pemandangan bahari yang mempesona ini dari lantai 18 mercusuar, kami melanjutkan perjalanan untuk snorkeling. Dari pulau Lengkuas kami menaiki kapal lagi menuju tempat snorkeling, tidak begitu jauh dari pulau tersebut.

Explore Negeri Laskar Pelangi, Belitung, Indonesia

Explore Negeri Laskar Pelangi, Belitung, Indonesia

Explore Negeri Laskar Pelangi, Belitung, Indonesia

Sangat indah bukan? Belitung menawarkan tempat- tempat yang indah dan sangat menarik untuk honeymoon dan liburan keluarga serta liburan dengan rekan- rekan kerja. Belitung sangat indah. Lihat juga Video Keindahan Pulau Belitung Di Youtube.

Post a comment for "Explore Negeri Laskar Pelangi, Belitung, Indonesia"

Berlangganan via Email