Tips Pelaksanaan Penelitian Tesis Agar Mudah dan Tepat Waktu

Tips Pelaksanaan Penelitian Tesis Agar Mudah dan Tepat Waktu - Tesis merupakan tugas akhir dari program studi dengan level pendidikan pascasarjana. Untuk menyelesaikan Master, seseorang yang sedang duduk di bangku pasca harus mengakhiri pendidikannya dengan penulisan Tesis tersebut.

Tips Pelaksanaan Penelitian Tesis Agar Mudah dan Tepat Waktu

Penyelesaian tugas akhir tersebut tidaklah mudah, beberapa dekade terakhir survey telah membuktikan bahwa keterlambatan seseorang dalam mendapatkan gelar Master terletak pada tidak terselesaikannya Tesis. Beberapa orang yang duduk di pascasarjana mengaku bahwa penulisan, dan pelaksanaan penelitian ini merupakan hal yang "horror". Mengapa demikian? ini semua disebabkan karena Tesis merupakan pendalaman penelitian yang lebih detail dibandingkan Skripsi waktu di S1, ruang lingkupnya juga sangat luas dan uji coba pun juga sangat banyak dan semua elemen harus dimasukkan sehingga barulah apa yang diprogramkan tercapai. Pada dasarnya yang memperlambat penyelesaian Tesis ini terdiri atas dua bentuk keterlambatan yaitu:
1. Tidak memahami konten, sehingga mau dibawa kemana akhir dari penelitian itu tidak jelas.
2. Management waktu yang buruk. Malas sangat berperan aktif di sini sehingga tidak memiliki cukup waktu untuk menyelesaikannya.

Nah, sekarang ada beberapa tips agar pelaksanaan dan penulisan TESIS tersebut menjadi mudah, gampang dan tepat waktu, yaitu sebagai berikut:

1. Setelah ujian kompetensi selesai dan anda dinyatakan lulus, segeralah daftarkan diri anda untuk mengikuti sidang proposal. Artinya, sebelum jadwal ujian kompetensi dilaksanakan maka proposal anda telah ditanda tangani oleh pembimbing akademik.

2. Setelah sidang proposal selesai, seminggu setelah itu lakukanlah perbaikan. Dan yang sangat penting adalah membuat prosedur kerja penelitian yang akan anda lakasanakan, kemudian tulis time line-nya sehingga apa yang akan anda lakukan terprosedur dengan rapi. Ikutilah prosedur dan time line yang telah anda buat secara konsisten.

3. Pada saat membuat time line buatlah satu atau dua minggu "free day", sehingga andapun tidak pusing dengan tuntutan tesis yang sangat detail. Gunakanlah free day tersebut untuk berlibur keluar kota ataupun hangout dengan teman- teman sehingga pemikiran anda tidak buntu. Berada di depan laptop setiap hari merupakan hal yang membosankan, terkadang itu akan membuat "galau" berkelanjutan.

4. Bicarakan dengan pembimbing waktu yang telah anda desain untuk penyelesaian tepat waktu, sehingga pembimbing mengerti apa yang anda inginkan.

5. Lakukanlah semua yang anda rencanakan dengan konsisten,

Beberapa tips yang telah saya paparkan di atas merupakan bentuk kerja general dalam menaklukkan tesis, yang perlu anda ketahui adalah tidak semua rencana dapat berjalan mudah tetapi di balik kalimat itu terselip kalimat yang lain yaitu semua masalah pasti ada solusi. Mudah- mudahan anda dapat menyelesaikan Master anda dengan tepat waktu sehingga pengabdian terhadap negara dapat dilakukan dengan baik.

Sedikit cerita tentang saya dalam menulis dan melaksanakan penelitian ini. Cerita ini bermula ketika saya memutuskan siapa yang akan menjadi pembimbing akademik saya. Saya memilih pembimbing yang memiliki waktu yang fleksibel dan "galak". Dalam hal ini galak merupakan pedang yang tajam bagi saya agar saya selalu dituntut tetapi bisa menuntut. Alhasil saya memperoleh pembimbing yang "galak", teman- teman saya bertanya kenapa kamu memilih pembimbing yang itu? jawabanku singkat "aku butuh pedang yang bisa menggorok leherku jika aku malas". Akan tetapi anda semua punya cara tersendiri untuk memutuskan itu, tidak perlu seperti apa yang saya lakukan. O iya, saya menaruh 2 minggu untuk liburan dan saya memilih Belitung. Sepulang dari sana, saya merasa fresh sehingga dalam menulis menjadi sangat bergairah dan semangat.

Dan sekarang, implementasi program saya telah selesai, waktunya bagi saya mengolah hasil penelitian dan kesimpulan. Saya hanya memiliki dua minggu untuk mengolah semua itu, setelah itu awal Juni ini saya sidang tahap 1. Bagi kalian yang baru memulai, masih banyak waktu bagi kalian semua memperbaiki cara ataupun waktu yang kalian gunakan. GOOD LUCK !!

Post a comment for "Tips Pelaksanaan Penelitian Tesis Agar Mudah dan Tepat Waktu"

Berlangganan via Email