Cara Memandikan Bayi yang Baru Lahir

Cara Memandikan Bayi yang Baru Lahir - Merawat bayi yang baru lahir memang perlu kesabaran. Apalagi jika ini adalah anak pertama Mom, hmm pasti ada rasa takut untuk melakukan perawatan pada si kecil. Apakah boleh begini atau justru harus begitu. Termasuk masalah memandikan bayi yang baru lahir. Tentu Mom tidak ingin ada masalah dengan si kecil, akibat salah dalam memandikan bayi yang baru lahir.

Cara Memandikan Bayi yang Baru Lahir

Mom tidak perlu panik. Berikut adalah cara untuk memandikan bayi yang baru lahir, agar Mom bebas rasa khawatir dan tetap membuat si kecil merasa nyaman.

Waktu yang tepat untuk memandikan bayi yang baru lahir adalah saat tali pusatnya mulai lepas. Tidak perlu takut air dapat membuat lukanya makin parah. Untuk membersihkan badan bayi, Mom dapat mengusap dengan air hangat memakai kain. Gosok perlahan, dan perhatikan jangan sampai lipatan yang menyembunyikan kotoran terlewatkan. Mom, tidak perlu membersihkannya setiap hari.

Bayi yang baru lahir cenderung masih bersih, maka Mom bisa memandikannya 2-3 kali dalam seminggu. Mom tidak perlu menggunakan sabun saat memandikan bayi yang baru lahir, cukup gunakan air hangat dan usapkan memakai kain. Mom, bisa memakai sabun selama sabunnya bebas dari pewarna, parfum dan bahan kimia yang berbahaya lainnya.


Mulai mengusap bayi dengan air hangat dari wajah baru ke bagian kaki. Beberapa masalah yang sering muncul saat memandikan bayi adalah rasa tidak nyaman karena terlalu lama bersentuhan dengan air. Untuk itu Mom tidak perlu memaksakan bayi mandi di dalam bak. Cukup lap dengan kain. Pastikan semua bagian tubuh bayi bersih dan bebas dari kotoran.

Memandikan bayi dengan baik dapat menjaga kesehatan kulit bayi. Bayi memiliki kulit yang sensitif. Sentuhan lembut pun jika bayi tidak tahan maka akan menimbulkan ruam, yang akhirnya membuat iritasi pada bayi. Maka Mom harus hati-hati dalam memandikan bayi, apalagi yang baru lahir. Pastikan untuk selalu menjaga kebersihannya.

Demikian Mom cara untuk memandikan bayi yang baru lahir. Menjadi Ibu adalah pengalaman yang menyenangkan, maka nikmati dengan sebaik mungkin. Mom, punya pengalaman menarik lainnya silakan tulis di kolom komentar. [vemale.com]

Post a comment for "Cara Memandikan Bayi yang Baru Lahir"

Berlangganan via Email