Manfaat Bermain Di Luar Bagi Anak-Anak

Manfaat Bermain Di Luar Bagi Anak-Anak - Musim liburan sudah tiba. Saatnya mendorong anak-anak untuk keluar rumah dan meninggalkan gawai yang biasanya menemani mereka sehari-hari. Dengan memberikan kesempatan pada anak untuk bermain di luar, kita juga telah mengajari mereka untuk belajar melalui pengalaman di dunia luar.

Hal ini tidak hanya memiliki dampak positif terhadap pertumbuhan anak, tetapi juga pengembangan pikiran anak. Apapun yang anak-anak lakukan di luar rumah akan menjadi bahan pembelajaran yang baik bagi mereka. Hal ini juga didukung oleh Dr. Dorothy Singer dari Yale University, salah seorang pakar dalam perkembangan anak.

Manfaat Bermain Di Luar Bagi Anak-Anak

"Meskipun sangat disayangkan jika anak-anak di seluruh dunia tidak mendapat kesempatan untuk menjelajahi alam secara langsung, namun ada kebutuhan nyata bagi orangtua dan anak untuk berinteraksi dengan alam dan belajar melalui pengalaman," ujar Singer.

Sebenarnya apa saja manfaat bermain di luar rumah bagi anak-anak?

1. Meningkatkan nilai akademik. Banyak orangtua berpikir bahwa kecerdasan anak hanya dipengaruhi oleh faktor genetik.

Padahal banyak cara untuk bisa merangsang kecerdasan anak, salah satunya dengan mengajak anak bermain di luar ruangan. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam British Journal of Sports Medicine yang menyebutkan bahwa anak yang gemar melakukan aktivitas fisik di luar ruangan dapat meningkatkan kemampuan otak dan prestasi akademik mereka.

Temuan ini didapat setelah peneliti mensurvei 21 laporan yang mengungkap mengenai empat tema seperti kebugaran dan kesehatan; kemampuan intelektual; keterlibatan, motivasi dan kesejahteraan; anak usia 6 sampai 18 tahun yang telah bersekolah.

Peneliti mengatakan, aktivitas fisik dan kebugaran di luar ruangan baik untuk perkembangan dan fungsi otak mereka. Bahkan, berolah raga sebelum, selama, dan setelah bersekolah dapat meningkatkan kemampuan anak dalam bersaing secara akademik di sekolahnya.

2. Bagus untuk penglihatan anak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Cambridge University, Inggris, kegiatan di luar ruangan dapat mencegah anak-anak terkena rabun jauh. Apalagi, pada usia anak-anak, mereka perlu fokus melihat objek yang lebih jauh. Dengan paparan cahaya alami ketika mereka berada di luar rumah maka penglihatan mereka akan meningkat.

Berdasarkan penelitian itu juga anak-anak yang menderita miopi atau rabun jauh menghabiskan waktu 3,7 jam lebih sedikit di luar rumah. Namun rabun jauh itu bisa diatasi jika anak-anak menambahkan waktu untuk beraktivitas atau bermain di luar rumah. Dengan penambahan satu jam selama sepekan saja, jarak pandang anak bisa meningkat.

3. Meningkatkan sosialisasi. Para ahli percaya bahwa membiarkan anak bermain di luar rumah bisa meningkatkan kemampuan sosial secara luas. Dalam area bermain misalnya, tidak semua anak bisa bermain perosotan sebagai yang pertama. Fakta bahwa anak-anak bisa bernegosiasi diantara mereka sendiri bisa meningkatkan kemampuan sosialnya, fungsi eksekutif, serta kemampuan berperilaku.

4. Mencegah kegemukan. Mendorong anak-anak bermain di luar rumah dapat meningkatkan tingkat aktivitas fisik anak dan mengurangi risiko kelebihan berat badan. Obesitas pada anak akan menempatkan risiko penyakit termasuk diabetes dan penyakit jantung ketika dewasa.

Risiko obesitas pada anak-anak meningkat beberapa tahun belakangan ini karena terkait kurangnya aktivitas anak di luar ruangan dan anak menghabiskan waktunya untuk duduk menonton TV atau bermain game. Penelitian menunjukkan bahwa lingkungan yang lebih hijau dapat membuat anak-anak sehat dan terhindar dari kegemukan.

5. Meningkatkan kekebalan tubuh. Anak-anak menjadi alergi dan rentan terserang asma atau penyakit autoimun justru karena tidak cukup terpapar bakteri.

Berbagai data menunjukkan bahwa sistem kekebalan tubuh kita akan berfungsi dengan baik ketika kita terpapar mikroba, organisme, dan juga keanekaragaman pola makan dan lingkungan. Paparan tersebut bisa melalui saluran pencernaan, hidung, atau sistem pernapasan.

Itu sebabnya, Mama perlu membiarkan anak bermain kotor-kotoran di luar ruangan. Karena paparan terhadap organisme yang beranekaragaman pada tumbuhan, tanah, tanaman, dan lain sebagainya, memengaruhi penurunan alergi.

Dengan demikian dapat disimpulkan, bermain di luar ruangan dan terpapar kotoran bisa membuat sistem kekebalan anak lebih sehat. [beritagar]

Post a comment for "Manfaat Bermain Di Luar Bagi Anak-Anak"

Berlangganan via Email