5 Jurusan Kuliah yang Jarang Diketahui

Yulviasani.com - Ketika memutuskan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lanjutan, tentunya memilih jurusan akan membawa kerumitan dan kebingungan tersendiri. Banyaknya jurusan yang ada di tiap perguruan tinggi menjadi opsi yang terlalu banyak, sehingga sangat membingungkan.

5 Jurusan Kuliah yang Jarang Diketahui

Dengan banyaknya jurusan yang ditawarkan, pasti pernah merasa aneh dengan adanya suatu jurusan kuliah yang sangat unik. Hingga kadang akan muncul sebuah pertanyaan, untuk apa disiplin ilmu seperti itu ada? apa tak ada jurusan lainnya yang lebih menjanjikan?

Hal tersebut rasanya wajar untuk segala sesuatu yang terasa asing dan unik. Di Indonesia sendiri, sesungguhnya banyak sekali jurusan kuliah yang sangat unik, bahkan hanya ada di Indonesia. Contohnya adalah Ilmu Teknik Batik dan Seni Karawitan.

Namun, tahukah bahwa sejatinya banyak sekali perguruan tinggi di luar negeri yang memiliki jurusan yang tak kalah unik. Berikut adalah beberapa jurusan-jurusan yang paling unik di dunia :

Adventure Education (Pendidikan Petualangan)

Siapa yang menyangka jika ingin menjadi seorang petualang harus menempuh kuliah jurusan Adventure Education? Mungkin, bagi kebanyakan orang untuk menjadi seorang petualang hanya perlu sebuah keberanian dan tekad, maka saat berada di alam luar secara naluriah tubuh akan beradaptasi.

Plymouth State University menawarkan jurusan adventure Education. Jurusan ini akan sangat cocok untuk yang menyukai petualangan dan tantangan di alam bebas. Dalam jurusan ini, akan belajar hal-hal dasar kegiatan outdoor, bagaimana melakukan pendakian dengan aman, terapi petualangan, hingga penemuan jati diri. Seru, bukan?

Auctioneering (Ilmu Lelang)

Dalam proses pelelangan, memang juru lelang memiliki peranan yang sangat penting demi keberlangsungan acara lelang itu sendiri. Namun siapa sangka jika ada disiplin ilmu yang memang mempelajari tentang ilmu pelelangan?

Di jurusan ilmu pelelangan, akan mempelajari bagaimana memimpin jalannya proses pelelangan, strategi pelelangan yang benar, hukum lelang, serta bagaimana berkomunikasi yang baik dengan peserta lelang.

Meskipun terbilang unik, jurusan ini dinilai cukup menjanjikan. Karena ketika mengambil jurusan ilmu pelelangan, maka akan tergambar pekerjaan yang sangat pasti, yaitu sebagai juru lelang. Dan salah satu perguruan tinggi yang menawarkan jurusan ilmu pelelangan adalah Vincennes University, yang ada di Indiana, USA.

Mortuary Science (Ilmu Sains Pemakaman)

Dari nama jurusannya, sudah membuat kesan aneh dan seram. Mungkin tak banyak orang yang tahu tentang jurusan satu ini. Karena selama ini, pemakaman dilakukan dengan lancar tanpa adanya pihak ahli yang benar-benar menempuh disiplin ilmu ini. Padahal, pemakam itu sendiri sangat membutuhkan keterampilan.

University of the District of Columbia Community College menawarkan jurusan yang sangat unik ini. Ketika memilih jurusan ini, maka akan mempelajari step by step bagaimana melakukan pelayanan pemakaman, merawat jenazah, melakukan kremasi, serta kebutuhan-kebutuhan dalam pemakaman lainnya. Oleh karena itu, pekerjaan yang menanti setelah lulus dari jurusan inipun menjadi praktisi pemakaman yang berada di rumah persemayaman atau rumah duka.

Citrus Science (Ilmu Jeruk)

Di Indonesia, jika ingin memiliki bisnis jeruk mungkin tak perlu kuliah dengan mengambil jurusan khusus ilmu jeruk. Namun, ternyata di salah satu universitas di USA menawarkan jurusan ilmu jeruk.

Jika mengambil jurusan ini, secara penuh akan mempelajari tentang jeruk. Mulai dari teknik pertanian terkait penanaman, pengelolaan, pemangkasan, proses panennya hingga manajemen penjualannya. Namun selain itu, ternyata juga mempelajari gizi dan vitamin yang terkandung di dalam jeruk.

Nannying (Ilmu Mengasuh)

Berkuliah hanya untuk menjadi pengasuh? Mungkin banyak pertanyaan sejenis yang akan muncul ketika mengetahui jurusan ini. Namun, bagi orang yang memiliki cita-cita untuk menjadi pengasuh bayi, mengambil jurusan ini rasanya tak akan salah.

Sullivan University yang ada di Amerika Serikat menawarkan jurusan ini. Jurusan Ilmu Mengasuh ini bukan hanya mempelajari ‘bagaimana mengasuh bayi’ namun lebih dari itu. Dengan menempuh kuliah Ilmu Mengasuh akan mempelajari tentang perkembangan anak, nutrisi makanan yang tepat untuk anak, komunikasi antara anak dan orang tua, dan hal lainnya. Dengan mengetahui hal-hal krusial dalam mengasuh anak, akan membawa dampak yang baik. Lain halnya ketika mengasuh anak dengan seenaknya sendiri, maka suatu saat akan menjadi sebuah bumerang bagi orang tua.

Mempertimbangkan Jurusan Kuliah dengan Matang

Memilih jurusan kuliah memang akan menjadi kenangan tersendiri. Perlu diingat adalah pilihlah jurusan kuliah yang sesuai dengan passion, serta kata hati.

Tak ada salahnya pula mengambil jurusan yang terbilang unik. Selain anti mainstream, biasanya jurusan yang unik akan memiliki peminat yang sedikit, hingga prospek masa depannya akan semakin besar.

Memang, kebanyakan jurusan-jurusan unik tersebut berada di luar negeri. Namun, tak ada salahnya memilih jurusan tersebut dengan menggunakan beasiswa yang saat ini sangat banyak.

Post a comment for "5 Jurusan Kuliah yang Jarang Diketahui"

Berlangganan via Email