Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasak Sayur asam jawa (+ teri goreng) Gurih

Sayur asam jawa (+ teri goreng). Sayur asam Jawa Tengah ini sangat nikmat jika disajikan dalam keadaan hangat dengan dilengkapi nasi hangat serta lauk pauk sederhana seperti tempe, ikan asin, sambel dan kerupuk. Dengan adanya lauk pelengkap tersebut maka acara makan anda pun akan menajdi lebih istimewa dan spesial. Sayur asem or sayur asam is an Indonesian vegetable soup.

Sayur asam jawa (+ teri goreng) Sayur asem jawa tengah memakai bumbu yang cukup diiris saja, sehingga kuahnya lebih bening. Goreng kacang tanah dan teri medan. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, tambahkan serai, lengkuas, dan daun salam Angkat, sajikan. Cara membuatnya pun tidak sulit, teman-teman dapat menyiapkan Sayur asam jawa (+ teri goreng) hanya dengan menggunakan 17 bahan dan 9 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin Sayur asam jawa (+ teri goreng) yuk!

Bahan Sayur asam jawa (+ teri goreng)

  1. Diperlukan 1 buah jagung manis.
  2. Diperlukan 1 buah wortel.
  3. Gunakan 1 buah labu siam.
  4. Diperlukan Sedikit kulit mlinjo.
  5. Dibutuhkan Buncis.
  6. Sediakan Tahu coklat kecil2.
  7. Gunakan 1 buah tomat.
  8. Dibutuhkan Bumbu :.
  9. Diperlukan 5 buah Bawang merah.
  10. Gunakan 2 buah Bawang putih.
  11. Sediakan Asam jawa.
  12. Siapkan Garam & penyedap rasa.
  13. Diperlukan Gula jawa (saya mix dengan gula pasir).
  14. Siapkan Air.
  15. Siapkan Daun salam.
  16. Sediakan Pelengkap :.
  17. Diperlukan Teri goreng.

Sayur asem khas Jawa biasanya menggunakan bahan-bahan yang lebih sedikit. Umumnya berkuah bening dan menggunakan tauge panjang. Setelah beberapa lama, angkat asam dan dipecahkan, kemudian masukkan kembali ke dalam sayur. Sayur asem merupakan sayur sederhana dengan citarasa nikmat yang begitu lekat di masyarakat Indonesia.

Langkah-langkah memasak Sayur asam jawa (+ teri goreng)

  1. Cuci semua bahan & dipotong2.
  2. Tumis bawang putih & bawang merah hingga kecoklatan.
  3. Masukkan air.
  4. Masukkan daun salam, asam jawa, garam, dan gula.
  5. Masukkan jagung manis, wortel, tunggu sebentar sampai mendidih setelah itu masukkan labu siam, kulit mlinjo, dan tahu.
  6. Tunggu sampai semua sayur empuk.
  7. Koreksi rasa dan masukkan tomat (tomat saya masukkan diakhir biar tidak hancur).
  8. Selamat menikmati 🤗.
  9. Jangan lupa teri gorengnya ya bund 😘.

Sesuai namanya, rasa asem-lah yang Rasa asam ini bisa hadir dari tiga macam sumber asam, yaitu asam jawa, asam muda, dan asam kandis. Berbeda dengan sayur asam biasa maka goreng asam menggunakan kunyit dan serai dalam bumbunya sehingga kuahnya berwarna kuning Jika tidak memiliki buah asam muda maka anda bisa menggantinya dengan air asam Jawa. Hmm, hidangan ini sedap untuk menemani berbuka puasa. Penyakit asam urat disebabkan oleh konsumsi bahan makanan yang mengandung purin secara Makanan laut (cumi-cumi, udang, sotong, tiram, ikan sarden, ikan teri, dan sebagainya). Perbanyak asupan buah dan sayur yang bermanfaat bagi penderita asam urat, diantaranya adalah belimbing.

Post a comment for "Cara Memasak Sayur asam jawa (+ teri goreng) Gurih"

Berlangganan via Email