Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Ayam Kremes yang Enak!

Ayam Kremes.

Ayam Kremes Cara membuatnya pun tidak sulit, teman-teman dapat menghidangkan Ayam Kremes hanya dengan menggunakan 22 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep Ayam Kremes!

Bahan-bahan Ayam Kremes

  1. Sediakan 1 ekor ayam (900-1000 gr) potong 10.
  2. Sediakan 1 buah jeruk nipis untuk membersihkan ayam.
  3. Sediakan 3 lembar daun jeruk.
  4. Sediakan 3 lembar daun salam.
  5. Siapkan 1 jempol lengkuas.
  6. Diperlukan 1 buah sereh.
  7. Dibutuhkan Gula, garam, merica dan kaldu ayam.
  8. Diperlukan Air secukupnya untuk proses ungkep.
  9. Gunakan Minyak untuk menggoreng.
  10. Gunakan Bumbu halus.
  11. Siapkan 8 siung bawang merah.
  12. Diperlukan 5 siung bawang putih.
  13. Sediakan 3 butir kemiri, saya skip.
  14. Diperlukan 1 sdt ketumbar.
  15. Gunakan 1 telunjuk jahe.
  16. Diperlukan 2 ruas kunyit.
  17. Gunakan Kremesan.
  18. Dibutuhkan 300 ml air ungkepan ayam.
  19. Gunakan 10 sdm tepung tapioka.
  20. Siapkan 2 sdm tepung beras.
  21. Diperlukan 1 butir telur.
  22. Diperlukan 1/2 sdt Baking Powder.

Langkah-langkah memasak Ayam Kremes

  1. Siapkan ayam kemudian beri perasa jeruk dn biarkan selama 10 menit cuci kembali. Siapkan bahan bahan dan bumbu halus, kemudian haluskan semua bahan bumbu halus (saya pakai blender).
  2. Tuang bumbu halus pada wajan beri air secukupnya (hingga ayam terendam saja, karena saya pakai ayam broiler bukan ayam kampung sehingga cepat masak) dan masukan semua bahan2 (ayam, sereh, daun jeruk, salam dan lengkuas). Jika sudah mendidih beri bumbu (gula, garam, merica dan kaldu ayam) sambil test rasa dan biarkan hingga ayam matang (jika sudah empuk) segera tiriskan ayam pada wadah dan tunggu dingin. Nah air ungkepan jangan dibuang cukup sisakan 300ml saja untuk kremesan..
  3. Ayam yg sudah matang bs langaung digoreng atau taruh di lemari es juga bisa jadi saat akan makan tinggal goreng. Proses goreng ayam hanya digoreng pada minyak panas hingga golden brown segera angkat dan tiriskan. Siapkan bahan kremesan dam campur semua nya menjadi satu. Untuk proses goreng saya pakai aqua botol bekas yang ditempel plastik diikat karet sebagai penutupnya dn melubangi dengan tusuk gigi (seperti shower). Proses goreng kremesan cukup tuang ke minyak agak banyak yg sudah panas..
  4. Tuangya agak tinggian (jarak kita menuang agak tingggi supaya si kremesan bersarang kecil2) ketika bagian bawah agak kering lipat seperti amplop yaa seperti di foto dan goreng bolak balik hingga kering. Hati2 gosong ya. Jika semua telah digoreng maka ayam beserta kremesan siap disajikan..

Post a Comment for "Resep: Ayam Kremes yang Enak!"