Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Tips Memilih&Menyimpan Ikan Segar agar siap saji untuk aneka olahan Ikan di freezer Untuk Pemula!

Tips Memilih&Menyimpan Ikan Segar agar siap saji untuk aneka olahan Ikan di freezer.

Tips Memilih&Menyimpan Ikan Segar agar siap saji untuk aneka olahan Ikan di freezer Cara membuatnya pun tidak susah, kawan-kawan dapat menghidangkan Tips Memilih&Menyimpan Ikan Segar agar siap saji untuk aneka olahan Ikan di freezer hanya dengan menggunakan 9 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin Tips Memilih&Menyimpan Ikan Segar agar siap saji untuk aneka olahan Ikan di freezer yuk!

Bahan Tips Memilih&Menyimpan Ikan Segar agar siap saji untuk aneka olahan Ikan di freezer

  1. Sediakan Tips menyimpan ikan/ayam siap olah untuk digulai/asampade/pindang (berkuah-kuah).
  2. Gunakan 1 kg ikan apa saja boleh.
  3. Sediakan 1 bh jeruk nipis/lemon yg airnya banyak yaa.
  4. Gunakan 1 sdt garam halus.
  5. Diperlukan ————————————————.
  6. Siapkan Tips menyimpan ikan siap olah untuk goreng.
  7. Gunakan 1 kg ikan.
  8. Gunakan 1 bh jeruk nipis/lemon yg airnya banyak.
  9. Siapkan 1/2 bks bumbu racik(saya utk mempermudah aja..klo mau bkin bumbu ikan goreng ulekan bisa pake 4siung bawang putih+1ruas jari jahe+1ruas jari kunyit dan 1sdt ketumbar bubuk+garam 1sdt diulek halus).

Langkah-langkah membuat Tips Memilih&Menyimpan Ikan Segar agar siap saji untuk aneka olahan Ikan di freezer

  1. Untuk olahan berkuah : setelah dipotong2, cuci ikan sampe benar2 bersih lalu kucuri dg perasan air jeruk nipis/lemon+garam halus aduk rata (tiriskan jgn dibilas lagi ya)siap dimasukkan dlm wadah kedap udara sesuai takaran untuk sekali masak saja..
  2. Ikan/ayam/udang/daging dll tidak bs didefrost berulang ya krn akan menimbulkan reaksi gatal/alergi utk yg memakannya (rasanya jg jd kurang sedap dan tdk fresh). NB: ikan setelah dijeruk dan garemin ini jangan dibilas lagi yaa agar garemnya meresap kedalam daging ikan dan ikan ketika dimasak tdk berbau amis..tutup rapat wadah dan simpan difreezer.
  3. Untuk olahan gorengan : setelah dipotong2, cuci ikan sampe benar2 bersih lalu kucuri dg perasan air jeruk nipis/lemon+bumbu racik takaran sesuai selera. ikan bumbu siap disimpan dlm wadah.Menyimpannya jangan ditumpuk2 agar saat dadakan mau digoreng ngga perlu di defrost dr freezer bs langsung dimasukin dlm minyak panas dan goreng dg api kecil agar ikan matang merata.
  4. Untuk seafood lain seperti udang dan cumi bs ikut cara penyimpanan seperti ikan utk olahan berkuah. Pilih udang dan cumi yg dagingnya berwarna transparant ya moms, krn jika badannya sudah putih tandanya sudah kurang segar. Klo kepiting/ lobster/rajungan, saya tdk pernah menyimpannya bekuan krn jenis seafood bercangkang dan berdaging lunak seperti itu tdk segar lagi lagi kalo sudah di frozen ☺️ jd musti beli yg hidup2 dan langsung diolah buat hr itu juga..
  5. Oia tips memilih ikan yg saya pelajari dr kecil, suka diajak papa kepelabuhan belanja ikan.(krn yg blanja pasti sipapa,mamaku tinggal masak aja drumah) saya suka dikenali nama2&jenis2 ikan yg ada, diajari cara pilih ikan segar ala bliau. Jadi ikan yg segar ala papaku itu tdk lah bekuan dr peti es meskipun dtg dr kapal2 lautnya langsung (krn harga ikan bekuan dr kapal pasti jauh lbh murah dr hrg ikan nelayan hasil harian). Tips Memilih&Menyimpan Ikan Segar agar siap saji untuk aneka olahan Ikan di freezer
    Tips Memilih&Menyimpan Ikan Segar agar siap saji untuk aneka olahan Ikan di freezer
  6. Cek mata ikan apakah merah atau masih bening utuh?jika mata ikan sudah merah jangan diambil krn ikan laut yang matanya sudah merah,tidak bulet cembung dan pecah tandanya sudah tidak segar lagi. Cek ingsang apakah msh merah&berlendir?jika masih, itu ikan masih segar... Tips Memilih&Menyimpan Ikan Segar agar siap saji untuk aneka olahan Ikan di freezer
  7. Cek badan (utk ikan yg tidak bersisik) pastikan kulit msh mengkilap,tdk pecah perutnya dan utk ikan yang bersisik warna sisik mengkilap utuh tanpa terkelupas), badan ikan tdk benyek lembek saat ditekan,ketika dipotong daging ikan merah muda transparant& ada darah kluar sdikit dr pinggiran tulang tengah dan yg trakhir yg ngga bs dibohongi..cium aromanya, ikan segar tdk beraroma bau tajam seperti bau busuk tp hanya amis seperti bau laut. Semoga bermanfaat ya 🙏🏻☺️.

Post a comment for "Resep: Tips Memilih&Menyimpan Ikan Segar agar siap saji untuk aneka olahan Ikan di freezer Untuk Pemula!"

Berlangganan via Email