Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Nasi sop ayam untuk Hari Ini

Nasi sop ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep Nasi sop ayam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Nasi sop ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Nasi sop ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Nasi sop ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Nasi sop ayam adalah untuk 4 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Nasi sop ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Nasi sop ayam memakai 29 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Nasi sop ayam:

  1. Bahan utama :
  2. 1/2 kg ayam potong (ayam kampung lebih baik)
  3. Opsional :
  4. 1/4 kg tulangan ayam
  5. 5 Ceker dan 5 sayap
  6. Bumbu halus :
  7. 4 siung bawang putih
  8. 4 siung bawang merah
  9. 1 ruas jahe
  10. 1/2 ruas kunyit
  11. Sedikit pala (klo saya disini seperti ujung kuku jari saja)
  12. secukupnya Garam
  13. 1/2 bngks lada bubuk
  14. 1/2 btng kayu manis
  15. 2 lembar daun jeruk
  16. Pelengkap kuah :
  17. 2 biji Kapulaga
  18. 2 biji Pekak atau bunga lawang
  19. 1 sdm ketumbar utuh
  20. 3 biji cengkeh
  21. Pelengkap soto :
  22. 1 bngks soun/ bihun
  23. Telur rebus (opsional)
  24. Wortel yg sudah di potong seperti korek
  25. Seledri cincang
  26. iris Daun bawang
  27. 1 bngks penyedap rasa kaldu ayam
  28. Bawang putih goreng (dihancurkan)
  29. Bawang merah goreng

Langkah-langkah untuk membuat Nasi sop ayam

  1. Pertama rebus ayam ke dalam panci ukuran sedang beserta tulangan,ceker,dan sayapnya.
  2. Sambil menunggu. Haluskan bawang putih,bawang merah, jahe, kunyit,lada dan garam yg telah disiapkan kemudian tumis masukkan langsung kayu manis dan daun jeruk ke wajan agar wanginya tambah nikmat.
  3. Lalu untuk pelengkap kuahnya masukkan rempah² kedalam kain kasa agar rasa kuah lebih enak
  4. Setelah bumbu sudah masak lalu tuang ke dalam rebusan ayam tadi dan masukkan kain kasa yang berisi rempah² tadi serta bawang putih goreng yg sudah dihancurkan. Cicipi jika rasanya kurang tambahkan garam dan penyedap rasa ayam secukupnya hingga rasanya pas, beri cincangan seledri juga daun bawang. Jika sudah matang matikan kompor
  5. Untuk pelengkapnya, soun yg telah direndam dicampur dengan cincangan seledri dan potongan wortel kemudian diaduk hingga merata.
  6. Terakhir, sajikan nasi kedalam mangkok terlebih dahulu lalu masukan soun yg udah dicampur tdi juga tambahkan telur rebus (opsional)setelah itu tuang kuah sop dan ayamnya serta taburan bawang goreng, lebih nikmat lagi ditambah perasan jeruk nipis dan sambel. Nasi sop siap disantap bersama keluarga : )

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Nasi sop ayam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Post a Comment for "Resep Nasi sop ayam untuk Hari Ini"