Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Sop Ayam untuk Pemula

Sop Ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep Sop Ayam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sop Ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sop Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sop Ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Adapun jumlah porsi yang bisa dihidangkan untuk membuat Sop Ayam adalah 2 porsi. Jadi pastikan porsi ini cukup untuk dihidangkan untuk anda sendiri maupun keluarga tersayang.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sop Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sop Ayam memakai 10 jenis bahan dan 6 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bumbunya gak macem2, kuahnya bening dan segeeer bgt. Sop ayam ini isinya 4* (ada kentang, ayam, buncis dan wortel), jadi cocok juga untuk menu MP-ASI batita yang lagi mogok makan nasi 👍

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sop Ayam:

  1. 200 gram ayam (sy pakai paha ayam fillet)
  2. 1 buah kentang sedang
  3. 1 buah wortel (kira2 7 cm)
  4. 4 batang buncis
  5. Secukupnya daun seledri dan daun bawang
  6. Bumbu :
  7. 2 siung bawang putih, cincang halus
  8. 3 siung bawang merah, iris
  9. 1/4 siung bawang bombay ukuran sedang, iris kecil2
  10. Secukupnya garam dan merica

Langkah-langkah untuk membuat Sop Ayam

  1. Potong2 sesuai selera ayam, wortel, kentang dan buncis
  2. Masak air dalam panci, sambil menunggu air mendidih, tumis bawang merah dalam wajan sampai harum kemudian tambahkan bawang putih, tumis kembali sampai bawang agak kecoklatan (jangan sampai gosong)
  3. Setelah air dalam panci mendidih, masukkan ayam, bawang bombay dan bumbu tumis, aduk2, tambahkan garam dan merica
  4. Tunggu sekitar 10 menit sampai ayam agak empuk, masukkan kentang dan wortel, tunggu kembali sekitar 5 menit, masukkan buncis
  5. Setelah sayuran empuk, masukkan daun seledri dan daun bawang, matikan api. Koreksi rasa, sajikan dengan taburan bawang goreng
  6. Tips : lama merebus tergantung besar kecilnya potongan ayam dll, dan sesuai selera juga. Agar kuah tetap bening, kuncinya adalah ayam dimasukkan saat air sudah benar2 mendidih dan duo bawang cukup diiris/dicincang saja (bukan dihaluskan, kalau dihaluskan nanti kuahnya keruh)

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Sop Ayam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Post a Comment for "Resep Sop Ayam untuk Pemula"