Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Sop Matahari Kekinian

Sop Matahari

Anda sedang mencari inspirasi resep Sop Matahari yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sop Matahari yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sop Matahari, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sop Matahari enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sop Matahari sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sop Matahari memakai 23 jenis bahan dan 7 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Disini saya memakai 500 gram ayam bagian paha. Saya pisahkan daging dan tulangnya. Daging buat sup mataharinya, sedangkan tulang buat kuah supnya.

Untuk campuran telur di isian sop matahari, saya biasanya menggunakan 1 butir telur yang agak besar. 1 sdt dicampur ke wortel, 1 sdt ke jemur kuping dan 1 sdt ke jamur putih. Sisanya saya campurkan ke daging ayam giling.

#Timlo_Berprotein
#CookpadCommunity_Solo
#PejuangGoldenBatikApron

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sop Matahari:

  1. 500 gram ayam (pisahkan daging dan tulangnya)
  2. 1 butir telor, kocok lepas
  3. 4 sdm tepung panir
  4. 1 bungkus kaldu (me. Magic)
  5. 1/2 sdt merica
  6. 1 buah wortel, parut kasar
  7. 1 biji jamur kuping, rebus, iris kecil
  8. 1 bungkus kecil jamur putih, seduh dengan air, iris kecil2
  9. 1 buah sosis, iris jadi 10 bagian
  10. Garam
  11. Telur
  12. 4 buah telur
  13. Garam
  14. 1 sdm minyak goreng
  15. Kuah
  16. Tulang ayam
  17. 1 buah bawang bombay
  18. 1,5 L air
  19. Garam
  20. Kaldu bubuk (me. Magic)
  21. Micin
  22. 1 buah daun bawang
  23. 1 lembar seledri

Langkah-langkah untuk membuat Sop Matahari

  1. Giling ayam, campurkan tepung panir, telur (baca dulu keterangan di atas), magic dan merica. Aduk rata. Sisihkan.
  2. Siapkan isian yang lain. Seperti wortel, jamur kuping dan jamur putih. Masing2 beri 1 sdt telur, dan sejumput garam. Aduk rata.
  3. Setelah itu kita bikin telur dadar. Campur semua bahan, dan dadar telur seperti biasa. Saran saya, jangan terlalu tipis, nanti mudah robek.
  4. Siapkan semua bahan. Ambil 1 lembar telur. Oles minyak terlebih dahulu. Susun sosis, wortel parut, jamur kuping, jamur putih dan daging ayam. Kemudian lipat ujung2nya menjadi segi-5
  5. Tata ke dalam kukusan. Kukus selama 30 menit. Angkat, sisihkan.
  6. Untuk membuat kuahnya, rebus tulang ayam sampai kaldunya keluar. Di tempat lain, tumis bawang bombay sampai layu dan harum. Masukkan ke dalam rebusan tulang ayam. Masukkan garam, merica, kaldu bubuk dan micin. Terakhir masukkan daun bawang dan seledri
  7. Sajikan sop matahari bersama dengan kuahnya.

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Sop Matahari yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Post a Comment for "Resep Sop Matahari Kekinian"