Bussy Book: Inovasi Aktivitas Anak di Rumah Selama PSBB

Yulviasani.com | Bussy Book: Inovasi Aktivitas Anak di Rumah Selama PSBB - Bermula dengan menyebarnya Covid-19 ke Indonesia keadaan menjadi berubah, tidak ada lagi yang namanya berkumpul dalam jumlah besar, tidak ada lagi aktivitas masyarakat di tempat umum jika tidak diperlukan bahkan pasar tempat dimana kita membeli kebutuhan ada yang tutup, yang paling menyedihkan menurut saya adalah tidak ada lagi aktivitas anak- anak di tempat rekreasi, di sekolah dan di taman bacaan. Sangat mengkhawatirkan, mereka yang harusnya dapat berkembang dengan baik di lingkungan sosial dan lingkungan luar untuk mengeksplorasi perkembangannya menjadi terhenti. Akibatnya orangtua harus lebih berinovasi dalam membuat rangkaian aktivitas anak di rumah saja. Saya selaku orangtua, juga merasakan betapa jenuhnya dengan aktivitas yang harus dilakukan di rumah saja, tetapi sebagai orangtua kita harus fungsional di dalam keluarga. 

Salah satu aktivitas yang biasa saya lakukan dengan anak- anak adalah bermain bussy book. Bussy book sebetulnya bisa diproduksi sendiri oleh para ibu- ibu di rumah, karena material yang digunakan mudah diperoleh, seperti kain flanel, ring, benang, dan sebagainya, akan tetapi ibu- ibu harus punya kemampuan untuk menggambar, menjahit menggunakan mesin jahit, mendekorasinya dan sebagainya sehingga menghasilkan padu padan warna yang menarik bagi anak. Saya pribadi tidak memiliki kemampuan menjahit dengan mesin, peralatannya saja saya tidak punya hahahaha....jadi saya memutuskan untuk membelinya. Apabila ibu- ibu berminat bisa hubungi saya (jadi jualan ya...hahahaha).

Bussy Book: Inovasi Aktivitas Anak di Rumah Selama PSBB

Bussy book merupakan media aktivitas anak yang terkontrol dan menyenangkan. Tentu kegunaan dari buku ini banyak sekali yaitu:
  • Melatih motorik halus
  • Melatih kemampuan mengenal warna
  • Melatih kemampuan mengenal angka dengan cara yang menyenangkan sehingga tidak memaksa anak dalam memahami kode- kode angka
  • Melatih kemampuan mengenal huruf dengan cara yang menyenangkan dan membuat anak bahagia
  • Melatih kemampuan koordinasi mata dan tangan
  • Melatih kemampuan dalam mendeskripsikan gambar yang anak lihat
  • Melatih kemampuan berbahasa baik ekspresif dan reseptif
  • melatih kemampuan membilang
  • dan sebagainya
Buku ini dapat memberikan salah satu aktivitas yang berbeda kepada anak- anak disaat melakukan apapun dari rumah. Ibu bisa menemani anak- anak melakukan aktivitas bussy book ini di teras rumah, di ruang tamu, di bawah pohon di area taman, dan tempat- tempat nyaman lainnya. Saya merasakan aktivitas dengan media bussy book ini merupakan aktivitas yang menyenangkan dan membuat anak bahagia dan kegiatanpun tidak monoton. Ibu dan ayah dapat berkolaborasi dalam melakukan aktivitas ini. Beberapa kegiatan yang saya pilih ada pada gambar di bawah ini:

Bussy Book: Inovasi Aktivitas Anak di Rumah Selama PSBB

Bussy Book: Inovasi Aktivitas Anak di Rumah Selama PSBB

Bussy Book: Inovasi Aktivitas Anak di Rumah Selama PSBB

Bussy Book: Inovasi Aktivitas Anak di Rumah Selama PSBB

Bussy Book: Inovasi Aktivitas Anak di Rumah Selama PSBB

Semua aktivitas yang tertera di atas dapat di desain sesuai usia anak, warna yang kontras dan kegaiatan yang menyenangkan dan menantang membuat anak semakin menyukai aktivitas di rumah saja. o iya ibu- ibu jikalau berminat dengan bussy book ini bisa hubungi saya di 081289328010 (WhatsApp only), banyak seri- seri yang tersedia sesuai usia, tersedia dari usia 1,5 tahun hingga 6 tahun.

Post a comment for "Bussy Book: Inovasi Aktivitas Anak di Rumah Selama PSBB"

Berlangganan via Email