Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasak Pindang Ikan Gembung yang Renyah!

Pindang Ikan Gembung.

Pindang Ikan Gembung Cara membuatnya pun cukup mudah, sobat dapat memasak Pindang Ikan Gembung hanya dengan menggunakan 11 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin Pindang Ikan Gembung yuk!

Bahan Pindang Ikan Gembung

  1. Dibutuhkan 8 ekor ikan gembung.
  2. Diperlukan 5 butir bawang merah.
  3. Siapkan 2 butir bawang putih.
  4. Diperlukan 5 butir cabe keriting atau rawit.
  5. Gunakan Sejumput asam jawa.
  6. Siapkan 2 sdm kecap manis.
  7. Siapkan 1 sdm kecap asin.
  8. Gunakan 1 sdt garam.
  9. Dibutuhkan 1 sdm minyak goreng.
  10. Gunakan 1 jari telunjuk kunyit.
  11. Siapkan 1 helai daun kunyit.

Cara memasak Pindang Ikan Gembung

  1. Bersihkan ikan dengan cara lumurin jeruk nipis dan bilas..
  2. Iris tipis bawang merah dan bawang putih, iris tebal kunyit, iris memanjang daun kunyit, sisihkan. Asam jawa diperas dan ambil airnya, sisihkan..
  3. Didihkan air jangan kebanyakan yah, kira2 kalau 8 ekor ikan ya 500-600ml saja.. kalau suka kuahnya banyak juga boleh, cuma saya lebih suka kuahnya irit karena lebih mantep rasanya..
  4. Setelah air mulai mendidih, masukan kunyit yang sudah di potong2, cabe utuh, perasan air asam jawa, kecap manis, kecap asin, dan garam..
  5. Kemudian koreksi rasa terlebih dahulu sebelum masukin ikan ya, rasa kuahnya harus asam manis dan gurih, kalau rasanya sudah begitu sudah bener baru masukin ikan dan irisan bawang merah, bawang putih, dan irisan daun kunyit. Masak sampai mata ikan berubah menjadi putih..
  6. Jika mata ikan sudah putih, matikan api kemudian masukan 1 sdm minyak goreng dan aduk merata pada kuahnya. Supaya keliatan lemak ya bund 😍. Sajikan bersama nasi hangat ulala enak banget pastinya..

Post a comment for "Cara Memasak Pindang Ikan Gembung yang Renyah!"

Berlangganan via Email