Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Rujak kuah pindang khas Bali Anti Ribet!

Rujak kuah pindang khas Bali. Rujak biasanya hanya memiliki rasa asam, manis, dan pedas. Tapi tidak untuk rujak yang satu ini! Rujak bali kuah pindang rasanya amis??? #KulinerBali.

Rujak kuah pindang khas Bali Hampir di setiap sudut wilayah, banyak pedagang menjajakan makanan ini. Saat siang hari, makanan ini cocok dijadikan penutup dan camilan segar dikala panas melanda. Komposisi dan cara pembuatan rujak kuah pindang memang sama dengan rujak biasanya, yang membedakan adalah dari campuran kuah pindangnya saja. Cara membuatnya pun cukup mudah, teman-teman dapat menyiapkan Rujak kuah pindang khas Bali hanya dengan menggunakan 18 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep Rujak kuah pindang khas Bali!

Bahan-bahan Rujak kuah pindang khas Bali

  1. Siapkan 1 ekor pindang salem.
  2. Sediakan Bahan untuk kuah pindang:.
  3. Siapkan 1 buah tomat potong jadi 4.
  4. Sediakan 2 lembar daun salam.
  5. Sediakan 2 lembar daun jeruk.
  6. Diperlukan 1 batang sereh digeprek.
  7. Diperlukan 2 mata asem jawa.
  8. Sediakan 400 ml air.
  9. Dibutuhkan Bumbu uleg rujak:.
  10. Diperlukan 2 cabe rawit/sesuai selera.
  11. Dibutuhkan 1/4 sdt garam.
  12. Dibutuhkan 1/4 sdt terasi yg sudah disangrai.
  13. Dibutuhkan 1 sdt gula pasir.
  14. Diperlukan 1/4 sdt air jeruk nipis.
  15. Siapkan Buah untuk rujak/sesuai selera:.
  16. Diperlukan Nanas.
  17. Gunakan Bengkung.
  18. Diperlukan Timun.

Khusus bagi anda para pecinta makanan pedas terutama rujak, silahkan anda coba nimati makanan khas bali ini. Rujak Kuah Pindang adalah kombinasi dari beberapa buah-buahan segar yang hampir mirip dengan rujak manis atau rujak gula. Contoh buah yang digunakan mirip dengan rujak gula seperti bengkuang, pepaya, kedondong, mentimun, belimbing, dan lain-lain. Makanan khas Bali selanjutnya adalah rujak Pindang.

Langkah-langkah membuat Rujak kuah pindang khas Bali

  1. Bersihkan jerohan ikan, buang kepala dan cuci sampai bersih.Rebus air terlebih dulu sampai mendidih baru masukkan tomat, daun jeruk,daun salam,asem jawa,sereh dan ikan.Rebus hingga air agak susut dan terlihat keruh seperti foto distep 2.. Rujak kuah pindang khas Bali
  2. Biarkan dingin sisihkan.Siapkan untuk buahnya dan potonng2 atau bisa diserut..
  3. Buat bumbu rujaknya, siapkan terasi, gula, galam, cabai. Ulek kasar...Masukkan kuah pindang sedikit demi sedikit sesuai selera saja dan beri perasan air jeruk nipis aduk rata..
  4. Siapkan wadah/mangkok ambil secukupnya buah yang telah dipotong dan.tuang bumbu rujak dalam irisan buah tadi..
  5. Siap sajikan..

Rujak pindang sendiri mirip-mirip dengan rujak pada umumnya, terbuat dari aneka buah-buahan yang asam dan manis, seperti buah bengkuang, kedondong, pepaya, belimbing, mentimun dan buah lainnya kemudian dipotong kecil-kecil. Bersihkan buah-buahan rujak kesukaan kamu seperti, mangga muda, jambu air, nanas, bengkoang, belimbing dll. Tambahkan kuah pindang ke dalam cobek, lalu aduk rata. Masukkan buah-buahan yang telah di potong-potong. Cara Membuat Rujak Kuah Pindang: Didihkan air, masukkan ikan pindang, daun salam, dan lengkuas.

Post a Comment for "Resep: Rujak kuah pindang khas Bali Anti Ribet!"