Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Sop ayam pak min Klaten Lezat

Sop ayam pak min Klaten

Anda sedang mencari inspirasi resep Sop ayam pak min Klaten yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sop ayam pak min Klaten yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sop ayam pak min Klaten, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sop ayam pak min Klaten enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sop ayam pak min Klaten sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sop ayam pak min Klaten memakai 24 jenis bahan dan 3 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

#tantanganakhirtahun
#masakditahunbaru
Sop ini anget dan pas banget untuk menu musim hujan begini..

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sop ayam pak min Klaten:

  1. 1/2 kg ayam kampung/broiler
  2. 3 buah wortel (potong tebal serong)
  3. 3 daun bawang pre (potong serong)
  4. 1 siung bawang Bombay kecil iris tipis dan memanjang
  5. 4 siung bawang merah iris tipis
  6. 1 buah tomat potong serong
  7. Secukupnya cabai rawit
  8. 🍥Bumbu halus:
  9. 2 siung bawang putih
  10. 1 btr kemiri sangrai
  11. 2 ruas jahe
  12. 1 ruas kencur
  13. 1 ruas kunyit (bisa pakai kunyit bubuk 1/2 sdt) bisa skip
  14. secukupnya Pala
  15. 1 sdm merica
  16. 🍥Bumbu tambahan:
  17. Secukupnya garam dan gula
  18. Kaldu bubuk
  19. 1 buah daun salam
  20. 2 buah daun jeruk
  21. 1 ruas lengkuas dimemarkan
  22. 1 batang sereh (memarkan)
  23. Air secukupnya (4 gelas belimbing)
  24. Bawang goreng untuk taburan

Langkah-langkah untuk membuat Sop ayam pak min Klaten

  1. Potong dan cuci bersih ayam. Siapkan panci. Rebus ayam hingga mendidih (khusus untuk ayam broiler air rebusan pertama dibuang untuk menghilangkan obatnya jadi yang dipakai kaldu air kedua). Masukkan wortel ke dalam panci. Sisihkan.
  2. Ulek semua bumbu halus. Sisihkan.
  3. Siapkan wajan, tumis bawang merah dan bawang Bombay. Jika sudah harum masukkan bumbu halus. Jika sudah agak kecoklatan masukkan semua bumbu yang ditumis ke dalam panci. Tambahkan lengkuas, sereh, daun salam dan daun jeruk. Beri gula garam dan kaldu bubuk. Cek rasa. Jika sudah pas beri irisan tomat, bawang pre, dan cabai rawit. Jika sudah mendidih. Matikan. Sop ayam pak min Klaten, siap dihidangkan ditambah taburan bawang goreng. slurpp..segerrr..anget..🥘🍲

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Sop ayam pak min Klaten yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Post a Comment for "Resep Sop ayam pak min Klaten Lezat"