Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep Sop Balungan Ayam untuk Hari Ini

Sop Balungan Ayam

Anda sedang mencari inspirasi resep Sop Balungan Ayam yang unik? Cara membuatnya memang susah-susah gampang. Jika keliru mengolah maka hasilnya tidak akan memuaskan dan justru cenderung tidak enak. Padahal Sop Balungan Ayam yang enak harusnya sih memiliki aroma dan rasa yang mampu memancing selera kita.

Banyak hal yang sedikit banyak berpengaruh terhadap kualitas rasa dari Sop Balungan Ayam, mulai dari jenis bahan, selanjutnya pemilihan bahan segar, sampai cara membuat dan menyajikannya. Tidak usah pusing kalau ingin menyiapkan Sop Balungan Ayam enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi suguhan spesial.

Nah, kali ini kita coba, yuk, variasikan Sop Balungan Ayam sendiri di rumah. Tetap dengan bahan yang sederhana, sajian ini bisa memberi manfaat dalam membantu menjaga kesehatan tubuh kita. Anda bisa membuat Sop Balungan Ayam memakai 19 jenis bahan dan 11 langkah pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

©2018
Rencana hati, mau masak sambel goreng usus, tapi eh ternyata pasar sepi hari ini karena dr pagi ujan gerimis. Jadi, yaudah seadanya di pasar dan yang bisa dimasak cepet krn perut sudah keroncongan hehe. Masakan ini hasil colab sama Mas
#tantanganakhirtahun
#masakditahunbaru
#cookpadcommunity_Tangerang

Bahan-bahan dan bumbu yang perlu dipersiapkan untuk membuat Sop Balungan Ayam:

  1. 1/2 kg balungan ayam
  2. 1/2 bagian kol
  3. 5 buah wortel
  4. 2 buah kentang
  5. Bumbu Halus 👇
  6. 10 bawang merah
  7. 5 bawang putih
  8. 2 kemiri (disangrai dulu)
  9. Sedikit garam
  10. Bumbu Sop 👇
  11. Secukupnya lada bubuk
  12. Secukupnya ketumbar bubuk
  13. Secukupnya garam
  14. Secukupnya kaldu bubuk
  15. Sedikit penyedap rasa (optional)
  16. 1 batang besar daun bawang
  17. Secukupnyaa seledri
  18. Bawang goreng
  19. Oregano

Langkah-langkah untuk membuat Sop Balungan Ayam

  1. Iris semua sayuran yang akan dimasak sayur sop. Cuci bersih. Jangan lupa cuci bersih balungan ayamnya ya.
  2. Haluskan smua bumbu halus. Dan sisihkan. Ingat ya, garamnya jangan banyak2 disini krn nanti ditambahin lagi pas proses masaknya.
  3. Siapkan air dalam panci, panaskan air sampai mendidih. Jika sudah mendidih, masukkan bumbu halus dan tambahkan dengan lada bubuk, ketumbar bubuk, serta garam secukupnya serta kaldu bubuk. Aduk dan biarkan sebentar agar bumbu nya matang juga.
  4. Lakukan tes rasa terlebih dahulu sebelum lanjut ke step selanjutnya.
  5. Setelah itu masukkan balungan ayamnya. Tutup dan biarkan sampai daging² yang menempel di balungan matang.
  6. Jika sudah, masukkan daun bawang, seledri dan wortel terlebih dahulu. Lalu aduk aduk
  7. Jika sudah diamkan sebentar coba cek kematangan wortel jika sudah set. matang, masukkan kentang hingga setengah matang jg. Jika sudah, lalu masukkan kol.
  8. Aduk dan biarkan sayur sop hingga mendidih dan sayuran matang, tapi jangan sampai sayurannya overcook ya. Api nya kecil saja
  9. Lakukan tes rasa terlebih dahulu sebelum mematikan kompor. Jika dirasa sudah pas. Taburkan oregano dan bawang goreng diatasnyaa. Aduk aduk.
  10. Taburkan lagi bawang goreng diatasnya, matikan kompor dan siap dihidangkann
  11. Mantaappp! Yummy !

Gimana nih? Gampang kan? Itulah cara membuat Sop Balungan Ayam yang bisa Anda praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Post a Comment for "Resep Sop Balungan Ayam untuk Hari Ini"